Grounding Jembatan Timbang

Grounding Jembatan Timbang

Grounding Jembatan Timbang – Saat ini cukup banyak pemakai jembatan timbang truk di indutri belum dilengkapi instalasi grounding atau yang biasa disebut surge protection padahal instalasi ini perlu dipasang untuk mencegah bahaya yang ditimbulkan akibat arus petir.

Penyebab kerusakan pada sebuah jembatan timbang truk masih didominasi akibat sambaran tidak langsung atau sambaran langsung petir, ini bisa dicegah dengan berbagai antisipasi.

Berdasarkan data dari principal bahwa sejauh ini kejadian yang dialami pada pemakaian timbangan truk diseluruh dunia di antaranya disebabkan oleh sambaran petir sehingga terjadi kerusakan berupa eror bahkan tidak berfungsi dengan baik indikator atau loadcell-nya ada yang langsung berdampak saat kerusakan yang disebabkan sambaran petir dan ada juga yang tidak langsung berdampak pada saat petir menyambar.

Instalasi Timbangan Truk

Untuk memastikan bahwa system grounding pada instalasi timbangan truk dipastikan telah terpasang dengan baik, ada 2 bagian utama yang harus kita ketahui :

Instalasi arde atau grounding yang ditanam telah terpasang dengan baik dan mempunyai resistansi atau hambatan maksimal 5 Ohm (sesuai yang dinyatakan dalam PUIL : Persyaratan Umum Instalasi Listrik)

Kabel yang terpasang dalam system instalasi timabangan truck baik load cell atau indicator mempunyai inti kabel grounding didalamnya dan tersambung atau terkoneksi dengan baik . Istilah teknis menyebut koneksi ini “bonding”, yaitu koneksi antar kabel grounding, sedangkan istilah “grounding” sendiri digunakan untuk koneksi kabel grounding dengan system grounding yang ditanahkan langsung (seperti grounding rod)

Seperti kita ketahui bahwa system pembumian penangkal petir (grounding system) adalah suatu rangkaian instalasi yang tertanam di dalam tanah dan berfungsi untuk melepaskan arus petir ke dalam bumi atau membuang arus berlebih pada instalasi listrik. Tingkat kehandalan sebuah grounding ada di nilai konduktivitas logam terhadap tanah yang berhubungan secara langsung atau logam tertanam. Semakin konduktif tanah terhadap benda logam, maka semakin baik. Standart kelayakan grounding/pembumian harus bisa memiliki nilai Tahanan sebaran/Resistansi maksimal 5 Ohm (Bila di bawah 5 Ohm lebih baik).

Grounding Jembatan Timbang

Fungsi Grounding Untuk Timbangan Truk – Grounding untuk timbangan truk berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran pada sambaran petir, misalnya kabel grounding yang terpasang pada jembatan timbang

Dalam instalasi penangkal petir atau surge arrester pada timbangan truck, system grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik yang besar langsung ke bumi. meski sifatnya sama, namun pemasangan kabel grounding untuk instalasi timbangan truck dan grounding untuk pernangkal petir pemasangannya harus terpisah.

Sebagai proteksi peralatan timbangan truk khusunya indicator dan load cell sehingga dapat mencegah kerusakan pada indikator dan laoda cell akibat adanya samabaran petir

Grounding untuk timbangan truck diukur nilainya dengan OHM. Alat pengukurnya menggunakan Earth Ground Tester. Nilai standar mengacu pada Persyaratan Umum Instalasi Listrik atau PUIL 2000 (peraturan yang sesuai dan berlaku hingga saat ini) yaitu kurang dari atau sama dengan 5 (lima) ohm. Dijelaskan bahwa nilai sebesar 5 ohm merupakan nilai maksimal atau batas tertinggi dari hasil resistan pembumian (grounding) yang masih bisa ditoleransi. Nilai yang berada pada range 0 ohm – 5 ohm adalah nilai aman dari suatu instalasi pembumian / grounding. Nilai tersebut berlaku untuk seluruh sistem dan instalasi yang terdapat pembumian (grounding) di dalamnya.

PT. Intitek Presisi Integrasi menyediakan system grounding dan penangkal petir untuk proteksi timbangan truk sekaligus mendesain untuk proteksi grounding system, dengan di dukung tenaga profesional dan handal dibidang proteksi penangkal petir kami yakin bisa memenuhi kebutuhan timbangan truk lengkap dari indicator load cell, kontruksi, software, system integrasi sampai instalasi grounding system.

Dengan mengunakan indikator merk BAYKON, TMT, GRAM dan WEBO serta loadcell untuk penghantar sensornya kami menjamin pada saat anda investasi menggunakan perusahaan kami anda akan menemukan kepuasan, karena kepuasan pelanggan menjadi komitmen tim PT. Intitek Presisi Integrasi.

Hi, tim support kami ada di sini untuk menjawab kebutuhan Anda. Tanya kami apa saja!
//
Jakarta, Banten, Sumatra & Sulawesi
ABDUL SYUKUR
Available
//
Jawa Timur & Jawa Tengah
BAYU SOFYAN
Available
//
HOTLINE
After-Sales Service
Available
//
Jawa Barat
MARYOTO
Available