Jembatan timbang digital adalah suatu sistem yang menggunakan media komputer sebagai perangkat yang digunakan untuk mengambil data beban timbangan dari alat jembatan timbangan dengan memanfaatkan komunikasi port RS-232 pada komputer dan perangkat indikator digital sebagai media penghubung dengan jembatan timbangan.

Pondasi berlubang (pit type) model ini dibuat dengan cara membuat lubang pada pondasi jembatan timbang digital sehingga permukaan jembatan timbangan  sama rata dengan permukaan jalan. Model ini adalah semi elektrikal/hybrid, dimana acauan beban adalah gabungan antara 1 (satu) “pisau” dan 1 (satu) buah loadcell. Dari segi perawatan juga sangat rumit.

Pondasi tidak berlubang (pitless type): model ini adalah full elektronik menggunakan 4(empat) buah loadcell pada tiap sudutnya sebagai acuan beban timbangan dan dirancang agar perawatan lebih mudah karena jembatan timbangan diletakkan menggantung diatas permukaan sekitar 30 cm dan pada sisi kiri dan kanan jembatan dibuat pembatas sehingga jembatan timbang digital lebih stabil.

Ketika loadcell mengalami suatu beban akibat tegangan, tekanan dan lain-lain, maka slinder logam tersebut akan mengalami perubahan dimensi (dalam batas elastisitas bahan logam tersebut). Jika tegangan atau tekanan tersebut dihilangkan, maka dimensi slinder logam kembali kebentuk semula.

Pada saat slinder logam mengalami perubahan dimensi akibat tegangan/tekanan tersebut, maka lebaran piezoelektrik yang ada dalam slinder tersebut sedikit mengalami defleksi dan menghasilkan beda potensial di kedua ujungnya

Besarnya beda potensial yang dihasilkan berbanding lurus dengan defleksi tersebut, yang juga berarti berbanding lurus dengan besarnya perubahan dimensi slinder logam tersebut. Karena besarnya perubahan dimensi slinder logam juga berbanding lurus dengan besarnya gaya tegang/gaya berat/gaya tekan, maka nilai beda potensial yang dihasilkan bahan piezoelektrik ini berbanding lurus dengan gaya tegang/tekan/berat tadi.

Voltase yang dihasilkan tersebut lalu berubah menjadi arus DC, diperkuat oelh penguat instrumentasi atau semacamnya, maka akan diperoleh sinyal elektrik yang bisa digunakan sabagai indikator besarnya gaya tegang / tekan / berat tadi.Junction box : adalah merupakan rangkaian penerus dari loadcell ke indicator digital. Pada junction box berisi komponen yang bersifat mengumpulkan tekanan dari empat loadcell kebentuk sinyal-sinyal yang kemudian diteruskan ke indikator digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hi, tim support kami ada di sini untuk menjawab kebutuhan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
Sales Manager
SALES MANAGER
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
IRAWAN
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
SUPRI
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
SYUKUR
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
FIRA
Tersedia